cara memasak nasi putih dengan rice cooker

Cara Memasak Nasi Putih yang Enak dengan Rice Cooker Terbaik

Cara memasak nasi putih yang enak dengan rice cooker dan atau dengan magic com itu tidak sulit, moms!

Di zaman now, mosok moms masih menanak nasi manual pakai panci biasa atau bahkan pakai wajan…? Tidak praktis dan efisien cara lama itu lho moms… Meskipun katanya, rasa nasinya beda. Apalagi jika menggunakan arang tempurung sebagai bahan bakar (bukannya kompor gas), nasi terasa lebih lezat. Betulkah demikian?

Mungkin saja. Sebab, yang tradisional kadang terasa lebih natural dan nikmat. Namun, bagi kita masyarakat urban, dengan tingkat kesibukan yang tinggi, tentu tidak praktis jika masih memakai cara lama dalam memasak nasi putih.

Jika cara memasak nasi putih masih menggunakan cara lama, moms bisa jadi stress lho, karena sebagian waktu mesti tersita untuk urusan menanak nasi tok! Tidak bisa ditinggal. Tidak bisa sembari mengurus hal serius lainnya.

Fungsi Penanak Nasi
memasak nasi putih enak dengan rice cooker

Eksistensi rice cooker dan atau magic com puluhan tahun silam, mengubah cara memasak nasi putih. Penanak nasi masa kini tersebut, menggeser cara memasak nasi manual.

Sekian banyak fungsi atau kegunaan ditawarkan oleh rice cooker. Kepraktisan dan efisiensi adalah 2 dari sekian manfaat dari menanak nasi dengan memakai rice cooker.

Kegunaan rice cooker masa kini, bahkan bukan lagi sekadar memasak nasi putih biasa. Pada merk dan tipe tertentu, rice cooker mampu memasak menu yang lain, seperti memasak nasi goreng, ayam teriyaki, udang, terong balado, brownies, dan bahkan nasi Gaba.

Temukan rice cooker berkemampuan demikian moms, agar segala ‘urusan dapur’ jauh lebih praktis dan cepat.

Cara Memasak Nasi Putih dengan Rice Cooker

Terkait kegunaan rice cooker selain untuk menanak nasi, dapat moms temukan pada artikel: Top 17 Kegunaan Rice Cooker Selain untuk Memasak Nasi.

Sekarang, mari moms ikuti cara memasak nasi putih dengan rice cooker, yang sangat gampang dipraktikkan.

1. Ambil Beras dengan Cangkir Takar

Sekadar info ya moms, ada berbagai macam varian/ukuran cangkir takar atau gelas takar. Berikut beberapa di antaranya:

Gelas berukuran 200 ml, membutuhkan 5 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Gelas berukuran 250 ml, membutuhkan 4 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Gelas berukuran 335 ml, membutuhkan 3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Gelas berukuran 600 ml, membutuhkan 1 dan 2/3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Nah, sesuaikanlah beras yang akan moms masak sesuai dengan kebutuhan biasanya.

2. Cuci Beras pada Wadah Terpisah

Tentu sebelum menanak, cucilah beras 2-3 kali. Jika rice cooker yang moms miliki telah menggunakan panci teflon (anti lengket), sebaiknya moms mencuci beras tersebut pada wadah yang lain, agar supaya lapisan tersebut tidak tergores, sehingga panci bisa awet dipakai dalam waktu lama.

3. Tuang Beras ke Dalam Panci Rice Cooker

Tuangkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam panci rice cooker. Setiap rice cooker mempunyai petunjuk takaran pada pancinya. Perhatikan hal tersebut terlebih dahulu.

4. Isilah Air Sesuai Takaran

Petunjuk takaran pada panci berguna dalam melihat seberapa banyak air yang dibutuhkan untuk memasak beras yang dimasukkan ke dalam panci.

Dalam hal ini, secara umum, volume air berada sedikit di atas beras. Kira-kira 1-2 cm ketinggiannya. Namun begitu, ukuran ini mesti disesuaikan pula dengan jenis beras yang moms masak, apakah beras pulen dan ataukah beras pera.

Sekadar info, cara memasak nasi putih yang tepat, yaitu jika moms memasak jenis beras pulen, maka tidak membutuhkan banyak air, nasi akan lembut dan empuk. Sebaliknya, apabila menanak nasi pera, maka moms perlu menambahkan lebih banyak air, agar nasi menjadi tidak terlalu keras atau kering.

5. Tutuplah Penutup Rice Cooker

Jika volume dan takaran air sudah sesuai, tutuplah penutup rice cooker dan atau magic com. Maka, proses menanak nasi di rice cooker dimulai.

Ingat, sebelum masuk tahap ini, pastikan posisi stop kontak sudah terpasang sebagaimana mestinya.   

6. Proses Masak Dimulai

Pada beberapa merk rice cooker, tersedia tombol (tuas) on dan off saja. Ini rice cooker model lama. Sedangkan pada rice cooker dengan teknologi terbaru, moms tinggal menekan tombol digital cook, dan memilih mode nasi putih (white rice).

Ada pula setelan timer untuk mengatur waktu kapan proses memasak selesai. Apakah lebih lambat (slow cooker) atau lebih cepat (turbo cooker). Sekian kecil dari semua kecanggihan teknologi rice cooker multifungsi yang ada saat ini akan sangat membantu moms dalam menyelesaikan proses memasak nasi putih di dapur.

Oya, untuk moms ketahui, pada saat nasi mencapai titik didih (100 derajat celcius), rice cooker akan memasuki tahap “warming” (menghangatkan) nasi secara otomatis.

Proses nasi menjadi matang di rice cooker, biasanya tak lebih dari 15 menit saja moms.

7. Aduk Nasi Setelah Matang

Agar nasi putih yang telah matang tidak menggumpal dan tidak menjadi lembek (overcooking), sebaiknya moms mengaduk nasinya.

8. Nasi Lezat Siap Dihidangkan

Nasi putih lezat sudah siap dihidangkan!

Gimana moms, sangat gampang kan cara memasak nasi putih dengan rice cooker…?

Tips Cara Memasak Nasi Putih di Rice Cooker

– Belilah beras berkualitas bagus ya moms

Rice cooker terbaik, dengan beras berkualitas baik, hasilnya adalah nasi putih yang lezat disantap.

– Baca terlebih dahulu spesifikasi rice cooker yang moms miliki

Biasakan membaca spesifikasi rice cooker yang dibeli, sebelum moms mulai menggunakannya. Hal ini penting, guna membuat rice cooker moms dipergunakan untuk peruntukkannya, dan agar awet dipakai dalam jangka panjang.

– Perhatikan volume beras dan takaran airnya

Hal ini juga berhubungan dengan jenis beras yang moms masak – apakah beras pulen ataukah beras pera.

– Sediakan ruang kosong yang cukup

Berapapun banyaknya volume beras yang hendak dimasak, haruslah menyediakan ruang cukup kosong di atas batas air dengan penutup rice cooker. Hal ini untuk membuat proses penguapan air berjalan dengan maksimal.

– Atur waktu menanak nasi

Seperti yang disinggung di atas, pada rice cooker dengan teknologi terbaru, terdapat setelan waktu dalam menanak nasi putih. Nasi lebih lengket apabila waktu memasak lebih lama, dan nasi lebih berderai (pera) apabila waktu memasak lebih cepat.

– Belilah rice cooker dengan panci teflon

Dengan rice cooker berpanci teflon, akan memudahkan moms dalam proses membersihkan panci tersebut usai digunakan.

Terkait itu, pada merk rice cooker terbaik, telah memiliki kemampuan auto clean.

Ok moms, semoga cara memasak nasi putih dengan rice cooker ini bermanfaat dan mudah dipraktikkan.

The last but not least

Guna mendapatkan nasi putih yang matang merata, pulen, lezat dan bertahan dalam 48 jam, moms memerlukan merk rice cooker terbaik 2021.

Kami rekomendasikan Rice Cooker Cuckoo. Smart cooker multifungsi yang pasti akan mempermudah kerja moms di dapur, dan akan dengan bangga mempersembahkan hidangan sehat untuk semua anggota keluarga.

Rice cooker Cuckoo adalah pilihan tepat untuk moms yang menghargai pentingnya kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas untuk keluarga tercinta.

Bagikan