cara memasak nasi di rice cooker

Cara Memasak Nasi di Rice Cooker, 8 Langkah Mudah!

Cara Memasak Nasi di Rice Cooker, mudah kok! Semua orang pasti bisa, asalkan mau mencobanya.

Cara memasak nasi dengan rice cooker dapat dilakukan sendiri dengan membaca petunjuk cara masak nasi putih di rice cooker yang anda beli apabila disertakan, dengan membaca artikel seperti ini, dan atau dengan tuntunan orang yang sudah biasa melakukannya.

Beras Pulen dan Beras Pera Apa Bedanya?

Sebelum memasak nasi putih di rice cooker, pastikan anda memperoleh beras berkualitas baik. Sekadar info, secara umum, ada 2 jenis beras, yaitu: Beras pulen dan beras pera. Keduanya memiliki perbedaan cukup mendasar.

beras pulen yang lezat

Pada beras pulen terkandung sekitar 20 persen kadar amilopektin (pati beras). Hal itu membuat beras menjadi lebih lengket saat menjadi nasi. Sedangkan, beras pera memiliki kandungan lebih dari 25 persen kadar amilosa (pati beras), yang menghasilkan nasi lebih keras.

Perbedaan mendasar tersebut yang mesti diperhatikan saat hendak memasak nasi. Beras pera membutuhkan tambahan air yang lebih banyak ketika dimasak, guna mengurangi nasi menjadi terlalu keras. Sedangkan, beras jenis pulen menyerap air lebih sedikit, karena teksturnya yang memang sudah lembut; Kebanyakan air pada beras pulen justru akan membuat nasi menjadi sangat lengket, berair dan bisa jadi lebih mendekati sebagai bubur.

Sudah siap mengetahui cara memasak nasi di rice cooker…? Yuk, mulai!

8 Langkah Mudah Cara Memasak Nasi di Rice Cooker
canggihnya rice cooker all-in-one
1. Ambil Beras dengan Cangkir Takar

Ada berbagai macam varian/ukuran cangkir takar atau gelas takar. Berikut beberapa di antaranya:

Gelas berukuran 200 ml, membutuhkan 5 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Gelas berukuran 250 ml, membutuhkan 4 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Gelas berukuran 335 ml, membutuhkan 3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Gelas berukuran 600 ml, membutuhkan 1 dan 2/3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

Sesuaikanlah beras yang akan dimasak dengan kebutuhan anda biasanya.

2. Cuci Beras di Wadah Terpisah

Cucilah beras 2-3 kali sebelum dimasak. Jika rice cooker anda menggunakan panci teflon (anti lengket), cucilah beras dalam wadah lain. Tujuannya, supaya lapisan tersebut tidak tergores, sehingga bisa awet dipakai.

3. Tuang Beras ke Dalam Panci Rice Cooker

Tuangkan/masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam panci rice cooker. Setiap rice cooker mempunyai petunjuk takaran pada pancinya. Perhatikan hal tersebut.

4. Isilah Air Sesuai Takaran

Petunjuk takaran pada panci berguna dalam hal ini, dimana ada batas garis seberapa banyak air yang dibutuhkan untuk memasak beras yang anda masukkan ke dalam panci. Dalam hal ini, secara umum, volume air berada sedikit di atas beras. Kira-kira 1-2 cm ketinggiannya. Namun begitu, ukuran ini mesti disesuaikan pula dengan jenis beras yang dimasak, apakah beras pulen dan ataukah beras pera, sebagaimana yang disampaikan di atas.

Ingat, berapapun banyaknya volume beras yang hendak anda masak, haruslah menyediakan ruang cukup kosong di atasnya. Hal ini untuk membuat proses penguapan air berjalan dengan maksimal.

5. Tutup Rice Cooker

Tutuplah rice cooker. Menanak nasi di rice cooker siap diproses. Sebelum masuk tahap ini, pastikan posisi stopkontak sudah terpasang.    

SIMAK: Rice Cooker Nomor 1 di Korea, Kini Hadir di Indonesia

6. Proses Masak Dimulai

Pada beberapa merk rice cooker, tersedia tombol on dan off saja. Anda tinggal menekan tombol atau tuas on untuk memulai. Sedangkan pada merk lain, tersedia tombol “cook” dan “warm”. Tekanlah tombol cook untuk memasak.

Pada saat nasi mencapai titik didih (100 derajat celcius), rice cooker akan memasuki tahap “warming” (menghangatkan).

Proses nasi menjadi matang di rice cooker, biasanya tak lebih dari 15 menit saja. Beberapa merk rice cooker mempunya setelan untuk slow cooker dan atau timer kapan nasi menjadi matang.

7. Aduklah Nasi Setelah Matang

Usahakan untuk tidak membuka tutup cooker selama 5-7 menit setelah nasi matang. Setelah itu, aduklah nasi agar tidak padat dan menggumpal. Cara ini akan memecah gumpalan dan melepaskan uap nasi yang masih tersisa. Hal ini mencegah nasi menjadi lembek (over cooking).

8. Nasi Nikmat Siap Disantap

Nasi siap disantap bersama orang tercinta anda! Mudah bukan, cara memasak nasi di rice cooker?

Tips Penting Cara Memasak Nasi di Rice Cooker

– Pastikan membaca spesifikasi rice cooker yang anda beli sebelum mulai memasak. Rice cooker kapasitas 5 liter dengan kapasitas 8 liter misalnya, tentu berbeda dalam volume beras dan takaran airnya.

– Atur takaran air sesuai selera dan hasil nasi yang diinginkan (nasi kering kurangi air; nasi lebih lembek tambahkan air).

– Atur waktu menanak nasi sesuai selera dan hasil nasi yang diinginkan (nasi lebih lengket apabila waktu memasak lebih lama; nasi lebih berderai apabila waktu memasak lebih cepat).

– Pastikan membeli rice cooker dengan panci berlapis teflon. Hal ini akan memudahkan anda dalam proses membersihkan panci usai memasak.

SIMAK: Cara Memasak Nasi Merah Menggunakan Rice Cooker

Moga, cara memasak nasi di rice cooker ini menjadi panduan anda untuk mulai memasak nasi pulen dan lezat dengan rice cooker terbaik.

So, apa rekomendasi merk rice cooker terbaik 2021 ini?

Yang paling direkomendasikan untuk smart rice cooker terbaik adalah Rice Cooker Cuckoo; Rice cooker multifungsi terbaik yang memimpin pasar di Korea.

Rice cooker Cuckoo dapat memasak nasi bumbu, daging, ayam, dessert kue brownies dengan mudahnya, dan bahkan menanak nasi Gaba gak pake lama — itulah sejumlah kegunaan rice cooker selain untuk memasak nasi.

Dengan harga terjangkau, teknologi terdepan, dan layanan after sales yang beyond standards, Cuckoo adalah rice cooker yang bagus dan sehat, yang tepat untuk anda miliki demi kualitas hidup keluarga yang lebih baik.

Demikianlah, artikel cara memasak nasi di rice cooker terkini. Semoga bermanfaat.

Bagikan