cara memasak nasi merah menggunakan rice cooker

Cara Memasak Nasi Merah Menggunakan Rice Cooker

Cara memasak nasi merah menggunakan rice cooker, dengan hasil maksimal, gampang kok. Yuk, mulai!

Perhatikan takaran standard berikut (bagian ini dapat disesuakan dengan kebutuhan anda):

Bahan, dalam perbandingan 3:1

* 1 Cangkir (gelas takar) beras merah

* 3 Cangkir air (gelas takar)

Takaran air lebih banyak 2-3 kali lipat dari berasnya, karena tekstur beras merah lebih keras ketimbang beras putih.

Cara Memasak Nasi Merah Menggunakan Rice Cooker

Inilah 6 langkah mudah cara memasak beras merah dengan rice cooker untuk mendapatkan nasi merah yang pulen dan enak disantap:

1. Cuci beras merah

Masukkan 1 cangkir beras merah pada panci cooker. Selanjutnya cuci bersih. Lalu, bilas 2x saja sudah cukup, agar kandungan gizi tidak ikut terbuang.

2. Masukkan 3 cangkir air

Setelah air bilasan sudah dibuang, ganti dengan 3 cangkir air yang baru.

3. Rendam

Tekstur beras merah yang jauh lebih keras dari beras putih mesti diakali guna mendapatkan nasi merah yang pulen dan empuk. Salah satu tips memasak beras merah untuk mendapatkan nasi merah pulen, yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu selama minimal 30 menit, sebelum dimasak dengan rice cooker.

4. Tambahkan garam

tambahkan sedikit garam agar gurih

Banyak orang yang enggan mengkonsumsi red rice (nasi merah), karena rasanya yang hambar dan tidak enak. Rasa hambar itu lantaran kandungan dedak pada beras merah yang lebih banyak dibandingkan beras putih.

Nah, untuk mensiasatinya, saat hendak masuk pada proses perendaman, tambahkan ½ sendok teh garam guna mendapatkan rasa gurih.

Pada fase ini, ada juga yang menambahkan dengan beras putih yang telah dicuci bersih dengan takaran jauh lebih sedikit dari beras merah. Cara ini dapat membantu hasilkan nasi merah pulen dan tidak hambar.

5. Masak pada rice cooker

Masukkan panci ke rice cooker, dan setel pada mode “cooking”. Pada rice cooker berteknologi all-in-one cooker, dapat memilih fitur yang sesuai.

Jika beras putih biasa matang dalam 30 menit, maka beras merah membutuhkan waktu lebih lama. Setidaknya 45-60 menit, beras merah sudah matang.

6. Biarkan tertutup minimal 10 menit

biarkan rice cooker dalam keadaan tertutup minimal 10 menit

Setelah rice cooker memasuki mode “warm”, cara memasak nasi merah menggunakan rice cooker sebenarnya sudah selesai. Namun, guna mendapatkan kualitas nasi yang pulen-empuk tadi, sebaiknya biarkan rice cooker dalam keadaan tertutup selama minimal 10 menit. Durasi tersebut membuat sisa uap dalam proses masak yang masih ada akan membantu menghasilkan nasi merah yang lebih pulen.

10 menit berlalu, inilah saatnya menyantap nasi merah yang enak pulen, serta kaya manfaat bagi kesehatan.

Cara memasak nasi merah menggunakan rice cooker memang bisa dilakukan dengan rice cooker merk dan tipe apapun. Tetapi, agar beras merah yang bakal disantap, betul-betul membawa lebih dari selusin manfaat positifnya, ada baiknya memakai rice cooker terbaik. Aman dari zat kimia pada coating panci anti lengket, yang dalam jangka waktu tertentu, dan atau karena kesalahan prosedur penggunaan, bisa terlepas dan ikut terkonsumsi.

Hal terburuk itu dapat terjadi, karena kualitas coating yang tidak bagus, dan penggunaan rice cooker dalam waktu yang lama pada suhu panas yang over. Terkait ini, memasak beras merah membutuhkan waktu lebih lama dari cara memasak nasi putih dengan rice cooker.

Rekomendasi Rice Cooker yang Bagus

Mencegah dan meniadakan kondisi buruk itu sepanjang waktu, inilah Rekomendasi Rice Cooker yang Bagus untuk anda dan keluarga: Rice Cooker Cuckoo. Merk perabotan rumah tangga nomor 1 di Korea. Alat penanak nasi modern dengan teknologi terdepan ini sudah hadir di Indonesia sejak 2018.

Segera miliki smart cooker Cuckoo dengan segala keunggulannya!

Bagikan