rice cooker yang baik untuk kesehatan

5 Ciri Rice Cooker yang Baik untuk Kesehatan

Rice cooker yang baik untuk kesehatan mestinya menjadi alasan utama ketika hendak menjatuhkan pilihan pada sebuah produk penanak nasi modern ini. Jadi, bukan sekadar membeli rice cooker yang murah harganya, dan atau karena fanatisme pada sebuah merk populer.

Kesehatan pun berasal dari dapur! Jika anda setuju dengan frase ini, yuk terus membaca info berikut…

Logam Berat pada Beras

Pada beras, sangat bisa jadi masih terkandung logam berat. Sebab, dalam fase pertumbuhan, penerapan pestisida yang di atas ambang batas normal, mungkin saja terjadi. Begitu pula dengan ulah oknum yang sengaja ‘memutihkan’ beras dengan zat berbahaya demi meraup keuntungan. Dan, kadar gula serta karbo yang tinggi pada beras, menjadi sejumlah alasan penting, betapa sebaiknya nasi yang hendak disantap, sebelumnya telah mengalami proses penanakan yang optimal, sehingga mampu mereduksi zat yang tak seharusnya ikut terkonsumsi.

Hal itu dari sisi berasnya. Tak kalah pentingnya, dari sisi rice cooker-nya. Nah, rice cooker yang baik untuk kesehatan, setidaknya memiliki sejumlah ciri penting.

Ciri-ciri Rice Cooker yang Baik untuk Kesehatan     

Berikut, 5 ciri rice cooker yang bagus dan baik untuk kesehatan dalam jangka waktu panjang: 

1. Lapisan Anti-Sticky Aman dari PFOA

Teknologi coating (lapisan panci) rice cooker masa kini dibuat agar anti lengket (sticky) sekaligus anti gores (anti-scratch).

Perusahaan pembuat rice cooker yang bagus dan sehat harus memastikan, bahwa coating tersebut tidak gampang tergores dan lalu melepaskan zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA), yakni bahan kimia pembuatan teflon, yang berdasarkan penelitian bisa memicu kanker.

Namun demikian, material pot (panci bagian dalam) dari bahan PTFE (Polytetrafluoroethylene), sebenarnya bukan berarti sangat tidak direkomendasikan, apalagi serta merta langsung membawa dampak buruk. Masih banyak kok merk terkenal yang menggunakan lapisan tersebut pada produk rice cooker-nya.

Coating panci rice cooker berpotensi menimbulkan dampak buruk, jika prasyarat lainnya ikut terpenuhi, seperti sistem suhu panas yang tidak konstan dan atau mencapai 300 derajat, panci digunakan memasak yang bukan peruntukkannya, pemakaian spatula non kayu/plastik, dan kebiasaan mencuci panci yang terlampau digosok keras.

Lalu, adakah material inner pot yang lebih baik dari PTFE?

2. Inner Pot dari Stainless Steel

Apabila kualitas rice cooker terbaik yang anda idamkan, maka material stainless steel sangat direkomendasikan. Stainless steel adalah logam non reaktif yang sudah umum digunakan pada peralatan masak modern.

Stainless steel tidak melepaskan zat kimia. Logam bersifat non reaktif ini tidak menyerap dan mengeluarkan bau, higienis, dan kadar gizi makanan pada inner pot tetap terjaga.

Pabrikan rice cooker yang memedulikan kesehatan konsumennya dalam jangka waktu yang panjang, pasti memproduksi rice cooker yang baik untuk kesehatan!

Rice cooker Stainless steel vs Keramik, Bagusan Mana?

Keduanya merupakan rice cooker yang bagus, yang sama-sama tidak melepaskan zat kimia. Namun, penggunaan coating keramik kalah awet daripada stainless steel. Coating keramik bisa mencapai 2 tahun, sedangkan lapisan stainless steel dapat bertahan lebih lama.   

3. Suhu Masak Konstan

suhu masak konstan dengan smart 3d system

Teknologi induction heating yang bagus akan memastikan terciptanya suhu yang stabil. Hal ini membuat nasi matang merata. Panas konstan ini menimbulkan efek positif, yakni membantu larutnya kadar gula di atas 50% pada nasi. 

Perusahaan pembuat rice cooker yang menempatkan kualitas kesehatan konsumennya di atas segalanya, kini telah menggunakan teknologi lebih mutakhir untuk memastikan suhu konstan tersebut tercapai, yakni dengan disematkannya teknologi cerdas yang disebut: Smart 3D Heating System.

4. Sistem Air Sisa Pembuangan

Sebagaimana yang diurai pada alinea awal, air sisa pembuangan (drainase) tidak boleh dianggap sepele, karena di situlah gula pada nasi, logam berat dan bahkan pestisida, dilokalisir — tidak kembali bercampur dengan nasi.

Sistem tersebut akan bekerjasama dengan proses uap yang tanpa henti sepanjang nasi pada rice cooker berada pada mode warming process

Jika kondisi ideal itu tercipta konsisten, tekstur nasi tidak hanya pulen dan juga lezat, tetapi yang paling utama, menyehatkan. Sebab, telah berhasil menyaring unsur kimia, karbo dan gula.

Ciri yang ini tidak boleh tidak ada pada rice cooker yang baik untuk kesehatan!

5. Smart Cooker

Itulah masterpiece dari teknologi rice cooker! Rice cooker smart atau all-in-one cooker yang disebut juga dengan rice cooker multifungsi.

Kenapa demikian?

Smart cooker terkini bukan sekadar kaya fitur dan mode digitalisasinya, tetapi juga telah dilengkapi dengan semua teknologi yang disebut pada poin-poin sebelumnya, bahkan lebih dari itu! Ia dapat memasak nasi merah dan nasi gaba. Jenis nasi berkadar gizi tinggi yang tidak sembarang rice cooker mampu memasaknya, seperti cara memasak nasi putih biasa.

Rice cooker tipe ini memang lebih mahal harganya. Tapi, kualitas dan service yang diperoleh pun sangat memuaskan dan utamanya, menyehatkan.

Idealnya, anda memiliki rice cooker yang baik untuk kesehatan, yang memiliki kemampuan memasak nasi gaba dan atau nasi merah dengan mudahnya.

Jadi Pilih yang Mana?

Pertama, rice cooker biasa harga murah, tetapi dalam waktu tertentu memicu dampak buruk bagi kesehatan, dan karenanya memaksa merogoh kantong lagi untuk membelinya. Belum lagi (amit-amit jangan), biaya pengobatan yang tak murah.

Kedua, rice cooker berharga lebih mahal, tetapi awet, hemat (karena sekali beli untuk jangka panjang), dan mendatangkan kesehatan paripurna bagi pemiliknya.

Pembeli smart tahu memilih yang tepat: Rice cooker yang baik untuk kesehatan!

Rekomendasi Rice Cooker yang Bagus

Nah, jika anda membutuhkan rekomendasi rice cooker yang baik untuk kesehatan, kami tawarkan rice cooker terbaik dari perusahaan nomor satu dalam hal inovasi teknologi peralatan dapur di Korea: Cuckoo.

Kalau anda pencinta drama korea (drakor), rice cooker ini sering menjadi properti pada adegan-adegan di meja makan. Pertanda, sangat membuminya rice cooker ini di semua segmen masyarakat Korea.

Rice cooker cuckoo telah hadir di Indonesia sejak 2018. Harga rice cooker Cuckoo menjangkau semua lapisan, dari harga di bawah 1 juta rupiah (rice cooker anak kost dan keluarga kecil), sampai yang berharga belasan juta rupiah, khusus untuk mereka yang memedulikan kesehatan yang paripurna.

Karena kesehatan itu berasal dari dapur, miliki segera rice cooker yang baik untuk kesehatan anda dan keluarga. Temukan info produk yang tepat di Daftar Harga Rice Cooker Cuckoo.

Bagikan